Buku ini memandu para peneliti pemula dalam melakukan studi kasus, yakni mengkaji secara serius hal-hal spesifik yang lingkupnya kecil, tetapi dampaknya besar bagi pemahaman persoalan pendidikan.
Pertama-tama Anda akan diajak melakukan refleksi atas skripsi yang Anda tulis dan mengingatkan Anda terhadap sejumlah tulisan menarik “bermutu” sebagaimana diakui oleh komunitas akademik secara internasional. Selanjutnya diulas mengenai paradigma makna ilmu sosial, termasuk ilmu pendidikan; dan juga tentang studi kasus dalam dunia pendidikan. Langkah-langkah dan teknik melakukan studi kasus dibahas pula secara terperinci dalam bab-bab buku ini. Prof. Alwasilah mengilhami pemahaman tentang penelitian kualitatif yang terjadi pada persilangan antara penelitian, budaya, dan perilaku individu manusia. Pokoknya Studi Kasus: Pendekatan Kualitatif akan membantu Anda mengembangkan keterampilan penelitian dan penalaran yang mampu melampaui penerimaan status quo Indonesia untuk membawa perubahan positif dan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia melalui penelitian kualitatif berbasis bukti yang etis.
~ Prof. Judith Puncochar , Ph.D., Sekolah Pendidikan, Kepemimpinan, dan Pelayanan Publik, Northern Michigan University, Marquette, Michigan USA
Pendekatan Kualitatif; A.Chaedar Alwasilah; Cetakan I, 2015; 15,5 x 23,5 cm; 220 hlm.
Komentar